Home / Perguruan Tinggi / 6 Jurusan yang Paling Diminati di Perguruan Tinggi

6 Jurusan yang Paling Diminati di Perguruan Tinggi

6 Jurusan yang Paling Diminati di Perguruan Tinggi
Jurusan yang Paling Diminati di Perguruan Tinggi (Sumber Gambar : onlineindonesia.over-blog.com)

6 Jurusan yang Paling Diminati di Perguruan Tinggi. Seperti yang sudah banyak diketahui oleh sebagian besar orang, setiap orang akan memilih jurusan perkuliahan dengan prospek kerja yang bagus. Namun sebagian besar dari orang yang memilih jurusan itu juga semakin banyak, sehingga persaingan yang terjadi juga akan semakin ketat. Oleh sebab itu, dengan melakukan persiapan yang matang sangat diperlukan apabila anda ingin menjadi salah satu yang bisa memenangkan kursi perguruan tinggi tersebut.

Umumnya, setiap orang tentu ingin mendapatkan pekerjaan yang bagus dengan mendapatkan penghasilan yang tinggi juga ketika pendidikan yang sedang dijalani sudah selesai. Namun kenyataannya tidak selalu berjalan demikian. Tidak jarang dari mereka yang kuliah dengan jurusan yang prospek kerjanya kurang bagus justru meraih kesuksesan yang cukup besar. Sehingga masa depan dan juga kesuksesan tidak melulu dilihat dari jurusan apa yang anda ambil pada saat duduk di bangku kuliah, namun juga bergantung dengan kualitas anda sebagai seseorang yang mendapatkan pendidikan. Sehingga dapat dikatakan semua hal kembali kepada diri anda masing – masing dalam menyikapi nya.
Sedangkan di Indonesia sendiri, jurusan di bangku kuliah yang banyak diminati oleh sebagian besar orang ialah sebagai berikut:

6 Jurusan yang Paling Diminati di Perguruan Tinggi

1. Kedokteran

Kedokteran ialah jurusan yang paling banyak diminati, sebab peluang kerja besar dan bergengsi. Bidang kedokteran umumnya akan lebih stabil dalam pekerjaannya, sebab permintaan tenaga medis cukup besar. Sebagian besar orang berpendapat, menjadi dokter akan mudah mendapat uang. Sebab peminat jurusan ini banyak, maka jurusan ini mempunyai passing grade tertinggi di setiap universitas dan juga persaingan akan semakin ketat lagi. Menjadi seorang mahasiswa kedokteran, tentu orang tua akan merasa bangga. Apalagi jika benar – benar menerapkan ilmu yang didapat.

2. Ilmu Hukum

Seperti jurusan kedokteran, jurusan ilmu hukum juga mempunyai banyak peminat oleh sebagian besar lulusan dari ilmu sosial. Jurusan ini berpusat di praktik hukum dan mencakup bidang yang luas, seperti hukum perdagangan, hak asasi manusia, dan juga hukum perdagangan. Hukum akan mengatur tentang ketertiban hidup bersama dan memberikan peraturan yang jelas tentang hal yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan. Apabila anda mahir dalam bidang ini, anda akan mendapatkan bayaran yang mahal dari pekerjaan anda, wow kan?!.

3. Ekonomi

Salah satu fakultas yang paling banyak diminati oleh lulusan dari sekolah menengah ke atas ialah fakultas ekonomi. Peminat dari fakultas ini bukan hanya siswa yang berasal dari jurusan IPS saja, melainkan IPA juga ada banyak. Karena peluang kerjanya yang cukup besar, maka tak ayal jika peminat jurusan ini sangat banyak. Meskipun kenyataannya lulusan dari jurusan ini terbilang cukup banyak dari berbagai universitas, namun rata – rata dari mereka pasti segera mendapat pekerjaan setelah lulus sebab permintaan perusahaan untuk jurusan ini terbilang cukup tinggi. Seperti yang sudah anda ketahui, bahwa hampir setiap perusahaan tentu memerlukan tenaga ahli dalam bidang ekonomi, baik perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, pertambangan, kesehatan, industri, dan lain sebagainya.

4. Teknologi Informasi

Pada zaman yang serba modern seperti sekarang ini, setiap orang yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan teknologi informasi tentu banyak dicari. Oleh sebab itu, jurusan ini menjadi banyak diminati. Peluang kerja untuk jurusan teknologi informasi sangat besar. Hampir setiap perusahaan memerlukan tenaga kerja yang ahli dalam bidang teknologi informasi dan pemrograman. Bukan hanya itu saja, lulusan pada jurusan ini umumnya digaji dengan cukup besar. Sekarang, pesaing untuk jurusan ini tidak terlalu besar, sebab peminat yang banyak masih didukung dengan daya tampung yang besar.

5. Keperawatan dan Kebidanan

Keperawatan dan kebidanan merupakan jurusan yang paling diminati oleh para wanita, dan jurusan ini juga menjadi alternatif lain selain kedokteran. Umumnya lulusan jurusan ini akan bekerja di rumah sakit, klinik, puskesmas, dan sebagainya.

6. Pendidikan

Berbicara tentang dunia pendidikan, ternyata jurusan – jurusan pendidikan MIPA, bahasa Indonesia, dan juga Geografi masih banyak yang meminati. Terutama bagi mereka yang ingin mempunyai karier sebagai guru atau PNS. Untuk pesaing dari jurusan pendidikan terbilang cukup ringan jika dibandingkan dengan jurusan favorit seperti kedokteran.
Itulah beberapa jurusan yang menjadi favorit bagi setiap siswa yang ada di perguruan tinggi. Semoga bermanfaat.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah.
Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur – Jawa Barat.

Check Also

Tentang Gerak Fisika

Tentang Gerak Fisika

Tentang Gerak Fisika – Susantokun. Sebagai makhluk hidup, bergerak menjadi tanda-tanda kehidupan. Karena itu banyak …

  • wah kalau aku nanti ngambil informatika nihh 😀 tapi kayanya multimedia juga jurusan yang diminati gan karena udah era digital

    • iya gan itu masuknya ke ilmu komputer juga bisa 😀

error: Content is protected !!