Home / Content Placement / 4 Sistem Absensi Karyawan Paling Populer di Indonesia

4 Sistem Absensi Karyawan Paling Populer di Indonesia

4 Sistem Absensi Karyawan Paling Populer di Indonesia

4 Sistem Absensi Karyawan Paling Populer di IndonesiaSusantokun. Catatan kehadiran karyawan merupakan data penting yang dipakai perusahaan dalam menentukan upah dan mengembangkan perusahaan lebih lanjut. Informasi yang berkaitan dengan data karyawan sangat dijaga kerahasiaannya. Terutama untuk urusan absensi karyawan. Jam kerja karyawan menjadi acuan memantau performa dan kedisiplinan karyawan. Bila ada karyawan yang sering terlambat datang ke kantor, tentunya hal ini dapat berdampak pada produktivitas yang menurun. Terlebih lagi, alasan keterlambatan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Kesalahan sedikit saja dalam memproses data kehadiran karyawan, juga berpengaruh besar terhadap penyesuaian gaji. Tidak hanya menimbulkan perselisihan antara karyawan dan perusahaan, tetapi juga menimbulkan masalah baru seperti pajak dan hukum. Mengingat begitu pentingnya sistem absensi karyawan, ternyata di Indonesia ada beberapa jenis sistem absensi karyawan yang paling populer. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Sidik Jari

Menggunakan sidik jari yang unik, sistem absensi karyawan dapat menjadi andalan bagi setiap perusahaan. Bahkan, di Indonesia saat ini, berbagai instansi pemerintah berplat merah, juga sudah menerapkan absensi karyawan PNS dengan sidik jari.

Program absensi semacam ini dinilai lebih efektif karena tidak bisa dilakukan kecurangan. Misalnya titip absen atau memanipulasi data kehadiran karyawan. Hanya saja, apabila terdapat perbedaan sidik jari karena cacat atau luka gores, sidik jari akan sulit terdeteksi oleh mesin absensi.

2. Biometrik

Metode program absensi lain yang dapat dipakai adalah absensi biometrik. Teknologi ini menerapkan beragam ciri khas pada individu untuk melakukan catatan kehadiran. Misalnya merekam sidik jari, suara, wajah dan retina mata. Sistem absensi karyawan dengan metode biometrik sudah lumrah diterapkan di berbagai perusahaan teknologi di seluruh dunia, tapi biasanya terkendala mahalnya penerapan teknologi absensi ini.

3. Kartu Magnet

Dengan sistem kartu magnet, sangat sulit melakukan kecurangan. Selain kartu magnet didesain khusus dengan magnet yang hanya bisa terbaca oleh mesin, karyawan juga tidak bisa memalsukan kartu magnet karena bersifat unik dan tidak ada yang bisa menggandakan.
Cukup menggesek atau menempatkan kartu magnet pada mesin, secara otomatis pencatatan kehadiran sudah dilakukan. Akan tetapi, dari sisi biaya, mesin pembaca kartu magnet memang sedikit lebih mahal. Di samping itu, masih ada beberapa oknum karyawan yang menitipkan kartu magnet kepada rekan kerja untuk titip absen.

Baca Juga : Jam Kerja Tetap Vs Jam Kerja Fleksibel

4. Aplikasi Absensi Berbasis Website

Sejak era 90-an, sistem absensi berbasis website menjadi primadona bagi sejumlah perusahaan. Efektif dan efisien dari segi waktu dan biaya karena program absensi sangat mudah diaplikasikan untuk karyawan yang bekerja jarak jauh atau berada di cabang yang berbeda.

Dengan membuka website atau aplikasi absensi, karyawan bisa memasukkan username dan password untuk melakukan pencatatan kehadiran dan jam pulang kerja. Metode program absensi berbasis website dianggap relevan dari masa ke masa. Karena selain murah, penerapannya sangat ideal untuk karyawan milenial yang bekerja secara remote. Sistem absensi yang fleksibel sangat disukai oleh karyawan milenial.

Bagaimana, Anda tertarik menggunakan program absensi secara online yang fleksibel dan aman? Manfaatkan aplikasi absensi LinovHR. Dengan program absensi online LinovHR akan membantu karyawan dalam melakukan absen masuk dan absen pulang hanya dengan koneksi internet serta smartphone anda. Apalagi bagi karyawan yang memiliki mobilitas yang tinggi,

Program absensi online LinovHR dapat digunakan untuk melakukan validasi kehadiran ganda, sehingga jika karyawan melakukan kecurangan dapat segera diketahui oleh manajemen.

About Susantokun

Seorang pemuda tampan yang sedang berjuang untuk mencari modal nikah. Lahir di Bumi ini atas perjuangan Ayah dan Ibu yang senantiasa membuat dan mengeluarkan sehingga lahirlah Susanto pada tanggal 27 Maret 1996 di Cianjur - Jawa Barat.

One comment

  1. Saya punya program realtime tarik data absensi dengan fitur adms/cloud pada mesin. Kelebihannya adalah bisa dipasang di shared hosting maupun vps. Tidak membutuhkan soap dan scheduler (cron job) untuk tariknya, jadi bener2 realtime. Program saya memanfaatkan fitur ADMS/CLoud pada mesin absensinya seperti layaknya vendor-vendor mesin yang menyewakan cloud absensi dengan koneksi mesin ke server2 mereka. Program saya dari PHP dan MYSQL. Kelebihannya adalah bisa tarik realtime, upload sidik jari dari satu mesin ke mesin lainnya, upload user dan privilage user, hapus sidik jari, hapus transaksi, reboot, tarik informasi mesin dan lain2. Berminat?? hub 0813 48021 778 (WA)

    Fitur :
    1. Realtime
    2. Support banyak merek mesin, dan satu server bisa menampung hingga puluhan mesin
    3. Upoload user ke mesin yang diinginkan
    4. Upoload template sidik jari ke mesin yang diinginkan
    5. Hapus Transaksi di mesin
    6. Hapus sidik jari di mesin
    7. Tarik informasi mesin (Jumlah transkasi, jumlah sidik jari dan settingan mesin)
    8. Dapat mengethaui status mesin online atau offline
    9. Reboot mesin
    10. Tarik manual data absensi dan sidik jari user

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!